Rabu, 06 Maret 2013

WASPADAI KELINCI YANG TIDAK MAU MAKAN

WASPADAI KELINCI YANG TIDAK MAU MAKAN

.
Pernahkan kita mendapati kelinci tidak mau makan sama sekali, padahal pakan seperti yang biasa kita sajikan ???        Kalau menemukan hal yang demikian kita harus wasapada. Ada beberapa hal yang menyebabkan demikian, antara lain :
  • Kelinci stress yang luar biasa (depresi), sehingga kelinci akan tetap tidak mau makan, walau pakan yang diberikan itu adalah pakan yang sangat enak menurut kelinci. bila sampai seharian full terutama pakan yang diberikan malam hari tidak disentuh sama sekali, maka perlu ada tindakan, yaitu :
  1. Telitilah, apakah kelinci sakit, banyak tidur tengkurap dan mata sayu ?? segera diberikan obat injeksi dengan vit B12 dan diberi antibiotikm indogen, agar kelinci segera teratasi.
  2. Bila setelah di injeksi pagi hari dan siang hari tetap bungkam, segera lepas kelinci ke halaman, sebelum di lepas,  berilah madu satu sendok teh.
  3. Berilah hijauan disekitar kelinci dilepas dibawah agar bisa memilih pakan yang akan di makan.
  • Pembeian pakan kelinci yang tidak biasa makan seperti biasanya, misalnya biasanya  bentuk pelet atau crumble ke bentuk tepung atau sebaliknya atau biasanya dberikan hijauan hanya satu macam, kemudian ganti hijauan. Utuk kasus ini disarnkan :
  1. Pakan lama diberikan 75 % dan yang baru 25 %, empat hari kemudian pakan lama 50 % da pakan baru 50 %, dua hari kemudian 75 % pakan lama dan 25 % pakan baru, baru tiga hari kemudian 100 % pakan baru.
  2. Semprotlah pakan hijauan baru dengan cairan manis, misalnya madu, susu atau gula sedikit saja (ingat, semut bisa berdatangan, maka hijauan sedikit dulu saja yang disemprot, setelah habis, baru  pakan berikutnya.
  3. Biasakan kelici diberi obat cacing minimal lima bulan sekali .
  • Kelinci pertanda mau sakit, maka kelinci harus segera diobati, minimal diinjeksi Vit B12, antibiotik dan vitamin B complek.  Bagaimana , apa dan caranya :
  1. Kelinci  yang tidak mau makan harus di injeksi obat seperti diatas, dan bila perlu disuapin susu, untuk kekuatan dan penambahan cairan dalam tubuh.
  2. Kelinci dipindah kandangnya, jangan diletakan paling pingir di lokasi kandang, karena bisa menyebabkan stress tinggi.