Kamis, 21 Maret 2013

Mencetak poster dengan Driver Printer

Mencetak dengan Driver Printer
Jika  kamu menggunakan printer yang sudah mendukung modus pencetakan “Poster Printing”, kamu tak lagi memerlukan aplikasi seperti Posteriza. Namun, konsep pencetakan posternya serupa.
Prosesnya cukup mudah dilakukan. Di sini PCplus akan memandu  mencetak poster dengan printer rumahan. Sebagai informasi, printer yang PCplus gunakan adalah merek Canon, yang kebetulan telah menyediakan modus cetak tersebut.
Tanpa ba bi bu lagi, mari kita mulai saja.
1. Buka File
Buka poster yang hendak dicetak dengan aplikasi apa saja. Untuk mencetaknya, klik [File] > [Print…]. Pada boks dialog Print yang muncul, pilih printer yang digunakan di menu “Name:”.
2. Pilih Mode Printing
Selanjutnya, klik tombol [Properties]. Boks Properties printer akan muncul. Pada printer Canon, pengesetan poster printing ada di tab [Page Setup].
3. Tentukan Ukuran Kertas
Pilih ukuran kertas yang akan digunakan pada menu “Page Size:”. Pada menu drop-down “Page Layout”, cari dan pilih modus cetak [Poster Printing].
4. Sesuaikan Potongan Cetak
Klik tombol [Specify…]. Di boks dialog yang tampil,  kamu bisa menentukan jumlah potongan yang diinginkan. Selanjutnya, klik [OK]. Sebenarnya menu ini tak perlu dikelola juga tak apa karena aplikasi akan otomatis memotongnya sesuai ukuran kertas yang digunakan.
5. Pilih Jenis Kertas
Kembali klik tab [Main] dan tentukan jenis kertas yang akan dipakai dari menu “Media Type”. Tentukan pula kualitas cetaknya di “Print Quality”. Akhiri dengan mengklik [OK].
Layar akan kembali ke boks Print. Untuk melihat calon hasil cetak, klik saja tombol [Print Preview]. Boks berikutnya akan menampilkan setiap potongan cetakan. Tutup boks tersebut untuk memulai pencetakan.
Mulailah proses pencetakan dengan mengklik [Print]. Tunggui hingga tuntas. Selanjutnya, setelah semua kelar dicetak, sambung satu persatu membentuk gambar yang sudah dirancang. Pakai panduan gambar di PC untuk menyusunnya.
Sambung satu per satu potongan tersebut memakai lem atau isolasi dua sisi.
Software Alternatif
Mr. Poster (www.2gtech.com)
Ace Poster (www.intemove.com)
Poster (www.postersw.com)
Poster-Printery 4.5 (www.cadkas.de)
ProPoster 2.02.03 (www.ronyasoft.com)
PrintGhost 1.1 (www.usefulsoft.com)