Kamis, 29 November 2012

TIP TIP KESEHATAN UMUM



TIP TIP KESEHATAN UMUM

 

  Biji mangga ternyata juga bagus untuk pengobatan diare. Biji harus dikumpulkan selama musim mangga, dikeringkan di tempat teduh dan dijadikan bubuk, serta disimpan untuk digunakan sebagao obat bila diperlukan."


·  "Kelapa bisa menjadi obat yang mujarab untuk mengatasi eksim yang membandel. Minyak kelapa yang dioleskan pada bagian kulit yang terkena eksim dapat menjaga kulit tetap lembut."


·  "Terapi air dapat digunakan untuk mengurangi kelebihan kolesterol. Caranya, mandi air dingin sambil duduk selama 10 menit 2 kali setiap hari. Mandi uap juga membantu kecuali pada pasien yang menderita hipertensi dan kelainan sirkulasi lainnya."


·  "Air dapat mengobati kulit yang gatal. Untuk gatal yang akut, bungkuslah daerah yang terkena dengan kain lembut yang tebal. Caranya, kain dibasahi dengan air sejuk tapi tidak dingin (13-18 derajat celcius) setiap 15 menit selama 2 jam setiap kalinya. Perban harus dibiarkan utuh, agar kain tetap dingin."


·  "Jus wortel yang dikombinasikan dengan jus bayam dapat juga bermanfaat dalam pengobatan gastritis (maag). Caranya, campur 200 ml jus bayam dengan 300 ml jus wortel, diminum setiap hari."


·  "Cacat mata dapat juga diperbaiki dengan olahraga leher. Caranya dengan memutar kepala setengah lingkaran, gerakkan bahu searah dan berlawanan arah jarum jam dengan cepat, serta putar kepala ke kanan dan ke kiri beberapa kali. Latihan ini dapat melemaskan ketegangan otot leher yang dapat membatasi suplai darah ke kepala."


·  "Pare sangat bermanfaat untuk penyembuhan diabetes. Untuk hasil terbaik, penderita diabetes dapat mengonsumsi jus dari 4 atau 5 buah pare setiap pagi ketika perut kosong. Selain itu, biji-biji pare juga dapat ditambahkan ke makanan dalam bentuk bubuk, atau dalam bentuk ramuan rebusan."


·  "Bawah putih yang direbus dalam 3 puluh gram susu efektif sebagai obat asma tahap awal. Teh jahe hangat dengan suing bawang putih cincang juga dapat membantu untuk mengatasi masalah asma, dan hendaknya dikonsumsi baik pada pagi dan sore hari."


·  "Apel bagus untuk mengobati kecanduan alkohol karena mampu menghilangkan keracunan dan mengurangi keinginan pada anggur dan minuman memabukkan lainnya. Selingi juga dengan jus seledri karena memiliki efek menenangkan dan menjadi penawar alkohol."


·  "Cukupi kebutuhan kalsium tubuh agar terhindar dari tulang keropos, kerusakan gigi, jantung berdebar-debar, otot kram, insomnia dan mudah marah. Kalsium bisa didapat dari susu dan produk susu, gandum. selada, bayam, kubis, wortel, jeruk, lemon, kenari."

·                    . Minum air panas yang ditambah air jeruk nipis dan setengah sendok teh garam bisa mengatasi sembelit (susah buang besar). Jika sedang sembelit imbangi juga dengan banyak makan buah-buahan dan makanan dari gandum.

·                    "Buah Kapulaga bisa dipakai untuk mengatasi gangguan radang tenggorokan, batuk, perut kembung dan mual. Kapulaga memberi efek mengurangi rasa nyeri alias analgesik. Caranya tumbuk buah kapulaga lalu direbus dan diminum airnya."

·                    Minum rebusan daun bunga merak (Caesalpinia pulcherrima) 3 kali sehari untuk mengurangi penyakit hepatitis. Bunga merak mengandung senyawa kimia saponin yang mengurangi gejala hepatitis."

·                 "Kekurangan mineral belerang dapat menyebabkan eksim serta pertumbuhan rambut dan kuku yang tidak sempurna. Atasi dengan makanan yang mengandung belerang seperti lobak, wortel, kubis, keju, kacang kering, ikan dan telur."